Monday, September 10, 2007

WBXML

Dulu sekali pernah Bill Gates mengatakan segala sesuatunya akan melalui XML.
Terbukti sekarang banyak sekali ditemui XML di kehidupan kita. Yang paling sering dapat dilihat di badan feed yang kita update tiap pagi, atau di SOAP dan Webservices, atau di MXML yang kita utak atik di Flex,dan masih banyak lagi yang belum disebutkan.

Karena XML begitu general, hanya sebuah data string literal yang terstruktur dengan sederhana sehingga dapat dimengerti oleh semua pihak di semua platform. Meskipun XML sudah banyak termodifikasi seiring dengan keperluan pemakaiannya, tetap saja strukturnya mengikuti kaidah baku sesuai dengan namespace-nya.

Salah satu kendala dalam pemakaian XML adalah ukurannya yang kadang-kadang membengkak dan tidak efisien dalam menentukan struktur dan konten serta entities-nya. Sehingga developer masih memilih alternatif lain dalam pertukaran data. Misalnya developer Flash banyak yang lebih menyukai pemakaian protokol AMF dibanding XML dan variannya. Karena content binary AMF masih lebih compact dibanding source XML yang berupa string.

Karena itu makin banyak dikembangkan format lain untuk pemakaian XML yang lebih efisien. Salah satunya adalah WBXML (Wireless Binary XML) content format.
Wireless Binary XML sengaja didesain untuk mengurangi ukuran tranmisi dari dokumen XML, sehingga mengefektifkan penggunaan data XML terutama pada jalur komunikasi berkecepatan rendah (narrow-band).
Format binary dari WBXML tetap mampu menghantarkan data tanpa adanya fungsionalitas dan informasi semantik yang tercecer. Didesain untuk tetap menjaga struktur elemen dari XML, dan memperbolehkan browser untuk men-skip elements atau attributes yang tidak diketahui. Binary format dari WBXML di encoded dari hasil parsing dokumen XML terutama dari struktur dan konten serta entiti dokumen. Sedangkan Meta-information termasuk definisi tipe dokumen dan conditional sections tidak disertakan ketika XML di-convert ke binary format.

Untuk pembahasan XML lebih lengkap baca di
XML Schema, http://www.w3.org/XML/Schema

Untuk mengenal WBXML lebih lanjut baca di
WAP Binary XML Content Format, http://www.w3.org/TR/wbxml/

No comments: