Monday, March 24, 2008

XFL

Sejak dari pertama, Flash IDE menyimpan sources document dalam format yang kita kenal sebagai .fla.
Format .fla nyaris tidak bisa dibuka di software third-party lainnya karena spesifikasinya tidak pernah dipublikasikan.

Pada versi mendatang dari Flash Ide, yaitu Flash CS4 memungkinkan untuk meng-export dan meng-import format source document Flash baru yang disebut XFL.
XFL berformat .zip yang berisi material-material yang diperlukan sebuah dokumen Flash.
Terdapat file XML yang menjelaskan struktur dokument, dan sebuah folder yang berisi asset-asset (graphic, sound, dan lainnya).

Penjelasan resmi dari detail format XML belum ada pemberitahuan. Tetapi Richard Galvan (authoring product-manager) memastikan bahwa Adobe akan mempublikasikannya, dan memperbolehkan took-tool Third-Party untuk meng-import dan meng-export XFL.

Mestinya nanti akan ada banyak Third Party lain yang menyediakan fasilitas export ke XFL, seperti PowerPoint, 3D tools, Photoshop dan lainnya.

Yang lebih menarik bila Adobe me-release compiler XFL ke SWF secara tersendiri, pasti tidak repot membuka Flash IDE untuk meng-compile XFL ke swf. Cukup seperti commandline tool saja, apalagi free, misal namanya XFL-to-SWF compiler.

2 comments:

bayukaze said...

Lebih jelasnya bagaimana Om? .fla sudah bisa dibuka oleh pihak ketiga? nah, itu sekedar dibuka actionscriptnya atau editable by other application?

deden96 said...

Ceritanya di Flash CS4 mendatang ada 1 format baru selain *.fla, yaitu *.xfl.

Keduanya sama-sama memproduksi/dicompile ke *.swf.

Hanya saja kayaknya *.fla masih exclusive untuk Flash IDE, sedangkan *.xfl lebih transparan untuk inter-exchange ke tool ThirdParty. Tetapi pada prakteknya *.xfl menjadi *.swf tetap saja perlu lewat Flash IDE.

Ini sekedar perkiraan ku lho..