Monday, April 16, 2007

Adobe Flash CS3 Pro released, sebuah ironi

(a.k.a Flash IDE 9) sudah keluar hari ini,
Fresh Price $699! Upgrade $199!
Hmm, mahal ya?

Ini adalah Flash IDE pertama dari Adobe setelah meng-akuisisi Macromedia.

Dan ini adalah Flash IDE pertama yang seharusnya tanpa Jonathan Gay (godfather of Flash), juga tanpa Robert Tatsumi, juga tanpa Gary Grossman (creator of actionscript).

Secara kasat mata mungkin tak terlihat pengaruhnya, sebaliknya ada perkembangan baru dari Flash teknologi pada release ini!

Yang pasti Flash CS3 akan lebih terintegrasi dengan Adobe CS family lainnya.

Perlu diingat, generasi ke-9 adalah milestone terpenting dalam sejarah Flash.

Informasi dibawah ini ditulis dari hasil interaksi dengan Flex 2.0.1 yang bersama Flash CS3 sama-sama mengusung Actionscript 3.0 language :

Di versi ini hierarki Display Object dirombak besar-besaran, hasilnya (katanya..) setiap Display Object dirender lebih efisien oleh Flash Player! Bagi yang belum tahu , objek yang ada di stage _root tidak cuma Movieclip Class atau Simple button belaka, sekarang sudah ada yang lebih primitif dari movieclip seperti Sprite Class dan DisplayObject Class!

Di versi ini Binary Data untuk pertama kalinya bisa di read/write juga di inflate/deflate (wow..!), anda dapat membuat interaksi client server dengan protokol versi anda sendiri, semau anda, sehingga bisa lebih efisien dibandingkan protokol AMF versi 3 sekalipun dengan adanya Inflate (kompress)/Deflate(dekompress) binary ini!

Di versi ini Regular Expression Class dimasukkan!

Di versi ini aku tertegun melihat syntax baru seperti double dot notation untuk parsing XML dengan E4X!

Di versi ini Just In Time Compiler di Flash Player Virtual Machine diperkenalkan!

Walau begitu aku secara pribadi merasa ada ironi yang tersirat.
Secara historis Flashtech kehilangan mata rantai (miss link) sejarah. Peristiwa yang mengejutkan tapi tetap tersembunyi dibelantara web, ketika Jonathan Gay memutuskan keluar dari Flash team, beberapa saat setelah Macromedia bergabung dengan Adobe. Godfather Flash ini membawa serta Gary Grossman dan Robert Tatsumi serta Peter Santangeli keluar dari Adobe dan membentuk perusahaan baru yang diberi nama cukup unik "Software as Art".
Mereka adalah orang-orang penting dalam perkembangan Flash versi 1 sampai 6. Jonathan Gay-lah yang membidani cikal bakal Flash, Gary Grossman-lah pencipta actionscript yang sebelum kejadian masih sempat merelease "ActionScript 3.0 Overview" bersama Emmy Huang!

Dilihat dari pemilihan nama sepertinya mereka menyindir Adobe yang memperlakukan Flashtech sebagai Barang dagangan semata? Atau peristiwa lain yang Wallahu Alam?
Terlalu berani untuk kita berspekulasi lebih jauh, ya nggak?

Kejadian ini seyogyanya mengingatkan kita kepada "Border line" yang selalu ada antara art dengan komoditi, yang mempengaruhi banyak aspek dibelakangnya, disemua segi kehidupan kita!

No comments: