Friday, April 20, 2007

Penyebutan Bilangan (nominal)

Sekarang ini, lazimnya untuk penyebutan bilangan bisa di bagi menjadi dua sistem. Sistem pertama dianut oleh Amerika dan Prancis. Sistem kedua dianut oleh kebanyakan negara Eropa (selain Prancis), seperti Inggris dan lainnya. Bagaimana dengan negara kita? Indonesia cenderung mengikuti sistem yang pertama.

Ditempat kita untuk menyebut angka diatas 1 milyar dengan menggunakan kelipatan perseribuan, misalnya satu milyar ( 1 bilyun) adalah seribu juta.
Yang agak repot adalah penulisannya. Kita terbiasa menulis desimal dengan koma, pengelompokkan digit dilakukan tiap perseribuan dan ditandai dengan titik. Untungnya di setiap sistem operasi komputer yang telah mapan sudah tersedia menu setting untuk mengganti / kustomisasi aturan regional ini.

Kembali ke sistem penyebutan bilangan, sistem kedua yang dianut oleh Inggris menyebut bilangan diatas 1 milyar dengan kelipatan persejutaan, misalnya satu milyar adalah sejuta juta. Agak aneh bagi kita ya? Untungnya pilihan katanya tetap sama dari juta, milyar, trilyun, kuadrilyun, kuintilyun, sekstilyun, septilyun, oktilyun, nonilyun, desilyun, dan seterusnya.

Dibawah ada swf untuk demo penyebutan nominal rupiah dengan menggunakan library yang tadinya dibuat sewaktu ada proyek dari klien (Perusahaan Pembiayaan) tahun 2006.
Library ini digunakan di Flex 2.0.1 untuk penyebutan bilangan (nilai nominal uang) di salah satu modul yang diperlukan di aplikasi klien tersebut. Anda dapat menggunakannya dalam project anda dengan mendownload swc-nya.
Terdapat 2 class utama dalam swc yaitu : RupiahTerbilang dan RupiahFormatter.
Class RupiahTerbilang untuk menyebutkan nominal rupiah ke dalam suatu bentuk kalimat. Misalnya diberikan argument 12345. Oleh Class ini akan di-return-kan string berupa “Duabelas ribu Tiga Ratus Empat puluh Lima ”
Class RupiahFormatter untuk memformat bilangan yang diberikan menjadi terformat ke bentuk standar penulisan nominal rupiah. Argument 12345 oleh class RupiahFormatter akan di-return-kan string berupa “Rp12.345,00 ”

Catatan :
Pada Class RupiahTerbilang, penyebutan bilangan dibatasi hanya sampai 10 Kwadrilyun untuk menghindari kesalahan representasi tipe Number oleh Flash Player untuk angka lebih besar dari 10 Kwadrilyun. Karena Flash Player hanya menggunakan 52 bit dari total integer yang diberikan dan beberapa special hidden bit sisanya dalam merepresentasikan suatu integers dari -9,007,199,254,740,992 (-253) sampai 9,007,199,254,740,992 (253).

Anda bisa mencobanya di aplikasi dibawah ini (Flash Player 9 required)
Bila anda hanya melihat kotak kosong saja, update flash player anda






Masukkan di kotak pertama angka nominal (bila terdapat desimal tuliskan dengan titik bukan koma) kemudian tekan enter. Bila anda menulis angka dengan benar di kotak kedua akan langsung tertera bilangan yang sudah diformat oleh class RupiahFormatter, dan bila anda menggerakkan mouse ke kotak kedua akan muncul tooltip yang berisi kalimat hasil dari penyebutan angka oleh class RupiahTerbilang.

Download swc component
Download source

No comments: