Sunday, May 13, 2007

Eclipse IDE part I

Eclipse IDE (Integrated Development Environments) lebih dikenal sebagai Java IDE. Walaupun begitu Eclipse IDE (lebih sering dipanggil dengan sebutan Eclipse Platform) sebenarnya adalah IDE untuk apa saja. Hampir semua bahasa pemrograman terkenal bisa diolah disini. Eclipse dapat dipergunakan untuk membuat beragam aplikasi seperti web sites, embedded Java™ programs, C++ programs, PHP, dan Enterprise JavaBeans™, embedded device applications, bahkan Flex™ project dan Actionscript 3.0 project bisa dibuat melalui Flex Builder yang notabene adalah salah satu plugin Eclipse.

Feature dan fungsi bawaan (built-in) Eclipse sangat sederhana dan generik. Eclipse memakai perangkat tambahan yang independent (extended) untuk mengerjakan sesuatu yang baru yang lebih kompleks. Platform Eclipse dibangun dari serangkaian mekanisme, dari mencari, menyatukan dan menjalankan seperangkat modul-modul yang dinamakan plug-in. Ketika Platform ini dijalankan, pengguna (user) disuguhi dengan IDE (Integrated Development Environments) yang terdiri dari berbagai set plug-in yang tersedia.

Platform Eclipse dirancang dan didesain untuk memenuhi beberapa keadaan dibawah ini :
  • Mendukung perakitan dan kompilasi berbagai tool yang berguna untuk pembuatan aplikasi.

  • Mendukung plug-in (tool) dari pihak mana saja termasuk vendor software independen, yang bisa diintegrasikan kedalam Platform Eclipse.

  • Sebagai tool yang bisa membuat, mengedit dan memanipulasi file-file dari berbagai content type (contohnya : HTML, Java, C, JSP, EJB, XML, and GIF, PHP, Actionscript, Perl) .

  • Mendukung pengembangan lingkungan aplikasi (application development environments) baik GUI (Graphical User Interface) dan non-GUI.

  • Bisa dijalankan pada banyak sistem operasi, termasuk Windows® dan Linux™.

  • Berperan besar dalam mengembangkan bahasa pemrogramman Java sebagai perangkat bahasa penulisan populer.

  • Penting untuk disadari, kelebihan Eclipse sebagai IDE akan dirasakan oleh pengguna (user) tergantung dari seberapa baik peralatan (plug-in) terintegrasi dengan Platform Eclipse dan seberapa baik setiap plug-in bekerja satu sama lain pada lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Bersambung

    No comments: