Friday, May 11, 2007

May 11th for Dijkstra


Edsger W Dijkstra

Hari ini adalah ulang tahun Edsger Wybe Dijkstra (Rotterdam, 11 Mei 1930).

Bagi yang belum terlalu mengenal Dijkstra, dia adalah ilmuwan komputer Belanda, yang sangat terkenal dengan algoritma ciptaannya shortest path - algorithm , biasa disebut juga dengan Dijkstra's algorithm, yang salah satu implementasi pentingnya adalah OSPF (open shortest path first) yang menjadi dasar dari internet routing.

Selain itu dia terkenal karena kebiasaannya menulis manuskrip-manuskrip yang biasa disebut "EWDs" karena Dijkstra selalu memberi penanda nomor diikuti dengan "EWD" sebagai prefix pada setiap judul manuskripnya. Kebanyakan topik yang terdapat di setiap manuskripnya seputar matematika dan sains komputer.

Dijkstra dikenal sebagai seseorang yang akrab dengan sains komputer tetapi hanya memiliki sebiji komputer seumur hidupnya, yang agak telat dimilikinya. Itu pun sangat jarang digunakannya. Ceritanya, sebagian besar manuskrip Djikstra diterbitkan setelah tahun 1972 berupa tulisan tangan. Dia sangat menjauhi penggunaan komputer pada pekerjaannya selama beberapa puluh tahun. Akhirnya setelah mengalah kepada dorongan beberapa koleganya di Universitas Texas, dia memutuskan untuk membeli sebuah komputer Macintosh, dan ujung-ujungnya hanya digunakan untuk memeriksa email dan browsing. Dikarenakan prinsipnya yang mengatakan sains komputer sangat lebih abstrak dari sekedar programming semata. "Computer Science is no more about computers than astronomy is about telescopes." ujarnya.

Selain itu kalimat slogan terkenal dari Dijkstra adalah "2 or more, use a for" . Artinya bila anda menemukan situasi didalam penulisan kode program anda yang ternyata memerlukan pemrosesan instance dari suatu struktur data lebih dari sekali, maka waktunya untuk membuat loop, baik dengan statement for(..) maupun while(..)

Dijkstra meninggal tanggal 06 Agustus 2002 di Nuenen Belanda, sehari setelah aku berusia 24 tahun, karena kanker. Untuk mengenang jasa Djikstra, oleh ACM (Association for Computing Machinery) yang mengurus penghargaan bidang komputer tahunan "PODC Influential Paper Award " mengganti nama penghargaan itu menjadi "Dijkstra Prize" sampai sekarang.

Selamat Ulang Tahun Dijkstra, algoritma shortest path-nya memecahkan segala pendekatan pemikiran yang memusingkanku sewaktu SMA dulu. Nama Dijkstra secara pribadi begitu melekat di otak sejak aku belajar C++ dulu ketika membaca pengantar buku "C++ A Practical Introduction" karangan Brian Hahn, disitu tertulis pendapat Dijkstra yang mengatakan "Pemrograman Berorientasi Objek adalah gagasan buruk yang janggal". Sampai saat ini aku belum bisa mengerti mengapa dia bisa berpendapat seperti itu?

Download Algoritma Dijkstra beserta Tester di Actionscript 3.0 di sini

No comments: